Apa sih yang disebut Future Century di Gundam ?

Gambar MS Fighter G Gundam.
Apa sih itu Future Century ? Apa penting di dalam Linimasa Gundam ? Apa saya harus mengikutinya ? Atau saya harus tahu ? Mungkin pertanyaan seperti itu yang ada di benak kalian yah gaesss, tapi terlepas dari apa itu Future Century atau kita sebut saja FC, adalah Linimasa dimana baru satu seri Gundam yang mengisinya, yaitu Fighter G Gundam.
Kita lanjut saja ke intinya yaitu membahas tentang apa yang dimaksud dengan Future Century ? Dan pentingkah untuk dibahas ?

Pertama, kita harus mengetahui dulu apa sih itu Future Century ?
Di G Gundam, para elit meninggalkan Bumi untuk ke koloni luar angkasa di tahun pertama Future Century (Abad Masa Depan). Dua tahun setelah migrasi, perang skala besar berkembang di Bumi ketika masing-masing negara berjuang untuk saling mengambil alih. Koloni-koloni membentuk "Federasi Koloni Bersatu" dan mendapatkan kembali kendali atas negara-negara di Bumi. Federasi Koloni Bersatu memutuskan untuk mengakhiri konflik di Bumi dengan mengadakan turnamen yang disebut Gundam Fight setiap empat tahun. Bangsa yang diwakili oleh Gundam yang menang mendapatkan hak untuk memimpin Bumi dan koloni selama empat tahun ke depan.
G Gundam berlangsung di F.C.60 selama Pertarungan Gundam ke-13, waktu yang dipimpin oleh Neo Hong Kong, pemenang Pertarungan Gundam ke-12.
Nah? Masih kurang jelas, mari kita ke pembahasan selanjutnya...

Kronologi
Future Century terbagi dalam banyak era atau tahun, saya disini akan membahas satu per satu Future Century itu, silahkan di simak yah, jangan tidur mulu kalau pengen baca... :)

Kita sebut saja FC yah biar nggak panjang juga dalam penyebutannya.

F.C. 1

  • Kelas penguasa meninggalkan Bumi. Para pejabat pemerintah dan kelas atas dari sebagian besar negara melarikan diri dari planet yang tercemar ini, bermigrasi ke koloni ruang angkasa masing-masing. Sekitar 40% dari populasi, entah tidak mampu membayar biaya perjalanan atau tidak mau meninggalkan Bumi, masih tertinggal.
  • Pendirian negara-negara koloni.
  • Koloni mulai mengembangkan mobile suit militer.

F.C. 2-3
  • Pecahnya Perang di Bumi. Dengan kelas yang berkuasa sekarang di luar angkasa, negara-negara Bumi mengalami gangguan dalam ketertiban umum, dan perang regional pecah di seluruh dunia. Ketika situasinya meningkat menjadi konflik global, perang nuklir habis-habisan mulai tampak semakin mungkin terjadi.
  • Pembentukan "Federasi Koloni Bersatu". Dengan keselamatan mereka sendiri yang terancam oleh Perang di Bumi, koloni luar angkasa mengirim pasukan "Federasi Koloni Bersatu" untuk merebut kendali planet ini, menggunakan mobile suit militer.

F.C. 4-5
  • Perang di Bumi berakhir. Negara-negara Bumi ditempatkan sepenuhnya di bawah kendali tanah air koloni mereka.
  • Perang dingin teknologi dimulai. Koloni-koloni mulai mengembangkan mobile suit baru yang canggih saat mereka bersaing untuk mengendalikan Federasi Koloni Bersatu, dan Bumi menjadi tempat pengujian mereka untuk teknologi mobile suit baru.

F.C. 6-7
  • Penumpukan senjata masif yang disebabkan oleh perang dingin teknologi mencapai puncaknya, mengancam untuk menyelimuti Bumi dan koloni-koloni dalam Perang Kekacauan yang kedua. Penasihat militer Federasi Koloni Bersatu bernama Profesor E.C. Ducer mengusulkan Pertarungan Gundam sebagai cara damai untuk memutuskan kepemimpinan koloni. Setiap empat tahun negara-negara koloni akan membawa perwakilan mereka di turnamen bela diri, dengan Bumi sebagai arena!
  • Gundam Fight milik Ducer diadopsi, dan masing-masing negara jajahan meluncurkan program pengembangan Gundam, yang berusaha membuat mobile suit super canggihnya sendiri.

F.C. 8
Pertarungan Gundam pertama diadakan. Pemenangnya adalah Neo Yunani, Heroda Dionysus, pilot Vulcan Gundam.

F.C. 12
Pertarungan Gundam kedua. Pemenangnya adalah Phia Philadel dari Neo America, pilot Freedom Gundam.

F.C.  16
Pertarungan Gundam ketiga. Pemenangnya adalah Neo Mesir Dahal Muhammad, pilot Mummy Gundam III.

F.C. 20
Pertarungan Gundam keempat. Pemenangnya adalah Neo Feiong Sai Feilong, pilot Feilong Gundam, yang mengalahkan juara bertahan Dahal Muhammad selama putaran final turnamen.

F.C. 24
Pertarungan Gundam kelima. Pemenangnya adalah Neo France Fernando Loire, pilot Baron Gundam.

F.C. 28
Pertarungan Gundam keenam. Pemenangnya adalah Neo Italia Vittorio Argento, pilot Gundam Tornado.

F.C. 32
Pertarungan Gundam ketujuh. Pemenangnya adalah Wolf Heinrich dari Neo Germany, pilot Kaiser Gundam.

F.C. 36
Pertarungan Gundam kedelapan. Pemenangnya adalah Neo Rusia Sekirei Zhirinovsky, pilot Cossack Gundam.

F.C. 40
Pertarungan Gundam kesembilan. Pemenangnya adalah Gentle Chapman dari Neo England, pilot dari Britania Gundam.

F.C. 44
Pertarungan Gundam kesepuluh. Sekali lagi, pemenangnya adalah Gentle Chapman dari Neo England.

F.C. 48
Pertarungan Gundam ke-11. Neo Inggris Gentle Chapman mencapai kemenangan ketiga yang belum pernah terjadi sebelumnya. Keberhasilan Chapman dengan senapan jangka panjangnya menginspirasi negara-negara koloni lainnya untuk secara agresif mengejar program pengembangan senjata beam mereka sendiri. Di tengah-tengah suasana ketegangan dan ketidakpercayaan ini, Pertarungan Gundam ke-12 ditunda selama empat tahun tambahan.

F.C. 56
Pertarungan Gundam ke-12. Pemenangnya adalah Master Asia dari Neo Hong Kong, pilot Haow Gundam, yang kemenangannya mengalihkan perhatian negara-negara koloni ke arah pertempuran jarak dekat dan seni bela diri.

F.C 59
  • Ultimate Gundam selesai. Di koloni luar angkasa Neo Jepang, Dr. Raizo Kasshu dan putranya Kyoji mengembangkan pesawat tempur paling kuat yang pernah ada. Kyoji merebut Gundam Ultimate ini dan melarikan diri dengannya ke Bumi, di mana ia berubah menjadi Gundam Iblis jahat.
  • Di akhir tahun, negara-negara koloni mengirim perwakilan mereka ke Bumi untuk berpartisipasi dalam Pertarungan Gundam ke-13.

F.C 60
Pertarungan Gundam ke-13 dimulai. Pemenangnya adalah Domon Kasshu dari Neo Jepang, pilot God Gundam.

F.C. 64
Pertarungan Gundam ke-14 dimulai. Pemenang saat ini masih belum diketahui...

Itulah jabaran saja tentang Gundam Future Century yang intinya masih di isi oleh satu seri saja yaitu Fighter G Gundam, saya rasa juga Timeline ini hanya mengisi kekosongan karena dibeberapa seri Gundam memang hanya di peruntukan untuk mengisi kekosongan waktu tersebut, juga Future Century ini akan terus berkembang ceritanya saya belum tahu yah, kita tunggu ajah seri apa ajah yang bakal jadi jembatan untuk  ke seri ini atau seri ini yang akan dibuat jembatan untuk ke Seri Gundam yang lain. Semoga pengetahuan Gundam kalian bertambah dengan adanya postingan ini yah. Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca...

Di artikel yang lain saya akan membahas teknologi yang di pakai di Future Century, tunggu ajah gaesss.. :)

Tonton serinya di Daburo Fansub yah, :)

Eksternal Link:
Gundam Official : G Gundam

Proyek Future Century:
Mobile Fighter G Gundam (anime)
Mobile Fighter G Gundam (manga)
Mobile Fighter G Gundam: 7th Fight

Source:

Jangan lupa like fanpage Daburo Fansub untuk update data terbaru tentang Gundam yah. :)

Post a Comment

0 Comments